News

Kemenag Bojonegoro Gelar Lomba Pidato Moderasi Beragama Bagi Siswa

Bojonegoro (22/12/2022), Kantor Kementerian Agama Bojonegoro terus menggelorakan pentingnya moderasi beragama yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama RI Gus Yakut Cholil Qoumas. Salah satu bentuk sosialisasi yang dilakukan Kantor Kemenag Bojonegoro adalah dengan menggelar lomba pidato moderasi beragama bagi siswa MI, MTs dan MA. Di Aula Kankemenag Jalan Pattimura Bojonegoro, 22/12/2022.

Kepala Kantor kemenag Bojonegoro H. Munir, S.Ag. M.Ag

Koordinator pelaksana lomba Drs. Abdur Rozaq Z. M.Pd.I dalam laporannya menerangkan, “Kegiatan ini masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Amal Bakti ke 77 Kementerian Agama RI tahun 2023, dengan tujuan untuk mewacanakan dan mensosialisasikan Islam yang moderat dan toleran untuk Indonesia yang rukun dan hebat. Kegiatan hari ini adalah final tingkat kabupaten, dari hasil seleksi lomba yang dilaksanakan di tingkat KKM di masing-masing jenjang.” Terang Rozaq.

Koordinator Pelaksana Lomba Drs. Abdur Rozaq Z, M.PdI

Lanjut Rozaq, “Dari sejak dibuka pendaftaran telah diikuti 34 peserta dari seluruh jenjang dan kategori, dengan rincian peserta dari Madrasah Aliyah (MA) 10 peserta putra putri, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 12 peserta putra putri dan dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) ada 12 peserta putra putri. Untuk hari ini akan menentukan peringkat terbaik kategori Putra dan Putri enam juara di masing-masing jenjang.”

Para Peserta dan Dewan Juri Lomba Moderasi Beragama

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Bojonegoro H. Munir, S.Ag. M.Ag. setelah membuka acara secara resmi dalam sambutan pengarahan menyampaikan bila akhir-akhir ini banyak pemuda yang mulai punya pemikiran yang radikal dan frontal, maka melalui kegiatan seperti ini diharapakan dapat meminimalisir pemahaman-pemahaman keagamaan yang keliru pada generasi muda.

“Harapan kami semua peserta lomba ini, kedepannya menjadi agen-agen moderasi beragama yang hebat dan bermartabat, bisa menebarkan ajaran Islam yang toleran, ramah dan damai. Siapapun yang menjadi juara, pesan kami tetap harus terus belajar untuk mempertahankan predikatnya dan terus belajar untuk mengembangkan prestasinya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.” Pesan H. Munir.

Sumber: (Rosyid.SiePubDekDok.HAB77.KemenagRI.2023)

Silakan Share :