News

PKKM MTs Negeri 5 Bojonegoro 2022

Sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM). Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun (Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan), sedangkan penilaian komponen ke-lima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai tiap 4 tahun sekali dan PKKM MTs Negeri 5 Bojonegoro tahunan kali ini dilaksanakan  pada hari ini Kamis (03/11/2022) Oleh Tim Assesor.

Assesor PKKM Bpk. Yusup Karjanto, S.Pd, M.Pd Pengawas Bina Kankemenag Bojonegoro

Dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MTs Negeri 5 Bojonegoro, keterlibatan semua pihak dan unsur unsur yang ada di madrasah ini adalah sebuah kepercayaan pimpinan. Oleh karena itu, pada PKKM tahunan ini madrasah memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tim Pelaksana yang dikoordinatori oleh beliau Bapak Miftahur Rohman, MA yang telah mempersiapkan segala sesuatunya secara optimal dan maksimal. Sehingga hari ini MTs Negeri 5 Bojonegoro ready untuk dilakukan assesment atau penilaian oleh Tim Assesor dari Pengawas Bina dan Pengawas Pendamping Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro yang telah memiliki Surat Tugas dari Kanwil Kemenag Provinsi JATIM.

Assesor PKKM Bpk. Drs. Sholihin Pengawas Pendamping Kankemenag Bojonegoro

Ada 3 fase yang telah dilalui oleh MTs Negeri 5 Bojonegoro dalam menyiapkan PKKM 2022 tahun ini :

  1. Perencanaan

Di perencanaan pengelolaan madrasah ini tidak hanya menjadi tanggung jawab manajer semata dan tidak hanya menjadi tanggung jawab leader semata, tetapi segenap warga madrasah di semua lini harus mempunyai perencanaan di dalam pengelolaan.

  1. Pelaksanaan/Implementasi.

Di implementasinya pun juga harus sesuai dengan perencanaan. Bahkan kalau bisa lebih baik dari perencanaan. Jangan sampai perencanaannya bagus di implementasinya atau di pelaksanaannya ala kadarnya, ini yang kurang bagus. Dan kemudian di hasil akhirnya (output), hasil dari perencanaan dan pelaksanaan ini yang kemudian dilakukan penilaian. Baik penilaian bersifat portofolio ataupun Realitanya. Penilaian hasil dari pelaksanaan itu mungkin tidak ada atau tidak tampak di portofolio tapi tim asesor juga telah mengamati Realitanya.

  1. Hasil (output)

Fase yang ke 3 ini akan menunjukkan kualitas suatu satuan pendidikan. Cassing MTs Negeri 5 Bojonegoro yang merupakan MTs Negeri termuda di Bojonegoro tapi Spesifikasi Madrasah ini bisa jadi melebihi dari Cassingnya.  Oleh karena itu, motivasi yang ada pada setiap aspek dan unsur di semua lini madrasah ini yang akan menentukan.

Tim Pelaksana PKKM, Kepala Madrasah, Pengawas Bina, Pengawas Pendamping, Ka. TU MTs Negeri 5 Bojonegoro

Bapak Kepala Madrasah Drs. Abdur Rozaq Z, M.PdI menyimpulkan, “Smoga hasil dari Kinerja Kepala Madrasah tahun ini bisa  membuat wajah MTs Negeri 5 Bojonegoro mempunyai Cita Rasa yang lebih bagus, baik cita rasa dari dalam maupun Cita Rasa dari luar madrasah ini.”

Team ICT-Humas

Silakan Share :